Cara Mengajarkan Anak TK Membaca

 

Memiliki anak yang sedang dalam masa taman kanak kanak merupakan momen yang special, banyak kelucuan yang terjadi di masa ini terutama ketika mulai mengajarkan membaca. Di artikel ini saya akan membahas cara mengajarkan anak tk membaca

Menjadi orang tua muda memang menjadi suatu tantangan baru yang menantang. Karena seseorang ketika baru saja menikah kemudian menjadi seorang istri atau suami akan tampak biasa saja. Mungkin karena sebelumnya sudah lama bersama sebelum menikah atau memang faktor ketika menjadi dua orang dewasa yang hidup bersama merupakan suatu hal yang biasa. Berbeda ketika sudah memiliki anak, sebuah momen dan tantangan baru untuk diarungi.

Mulai dari merasakan melahirkan untuk Ibu, dan momen pertama kali untuk menjadi Ayah hingga bagaimana menerapkan pola asuh pada anak. Semua hal tersebut adalah hal-hal baru dan memerlukan kekompakan antara istri dan suami. Anak akan mulai terus tumbuh dan mengawali sekolah, dan disitulah baru merasakan waktu cepat berlalu.

Dan hal-hal menarik ketika anak duduk dibangku taman kanak-kanak. Karena dari situ sebagai orang tua harus bagaimana mengajarkan anak mengeja, membaca, dan berinteraksi kepada sesama. Karena pemahaman setiap anak selalu berbeda-beda maka orang tua dituntut untuk lebih sabar dalam mengajari anak membaca. Banyak sekali cara mengajarkan anak tk membaca dengan berbagai metode.

Beberapa metode ini mungkin bisa membantu anda untuk mengajarkan anak bisa cepat membaca:

1. Menciptakan suasana atau atmosfer ruang kreatif

Pertumbuhan dan perkembangan anak memang berbeda-beda karena tergantung pada bagaimana tiap orang tua dalam mendidiknya. Salah satu metode dengan menciptakan suasana ruang yang kreatif akan membuat anak merasa nyaman. Ketika anak sudah nyaman, maka otak anak akan lebih rileks dan berkembang dengan lebih luas. Dengan cara kreatif ini akan melatih otak kanan anak berkembang dengan cepat. Di mana otak kanan dapat memudahkan anak belajar membaca.

2. Memperbanyak kosa kata saat bicara

Ketika anak mulai mengeluarkan suara atau kata-kata, pada saat itulah orang tua harus banyak bicara. Ketika anak mulai mendengar banyak kosa kata yang orang tua utarakan sama halnya mengajarkan anak membaca. Ketika kosa kata anak sudah banyak, maka akan mempermudah anak ketika membaca suatu teks.

3. Memberikan bacaan pengantar tidur

Metode atau cara ini kebanyakan orang mengetahuinya, yaitu menjadi pendongeng sebelum tidur. Ternyata metode ini sangat ampuh untuk melatih daya ingat anak juga lho. Ketika anak-anak mendengarkan cerita pengantar tidur, otak akan lebih mudah dalam menstimulasi kata-kata atau kosa kata saat menjelang tidur. Anak yang menyerap kosa kata lebih cepat akan mudah dalam belajar membaca.

4. Melibatkan anak membaca bacaan saat jalan-jalan

Metode ini cukup efektif karena anak dalam keadaan senang. Anak-anak pasti gembira ketika diajak piknik atau jalan-jalan ke suatu tempat. Saat menemukan sebuah tulisan, ajak anak untuk ikut untuk mengejanya. Hal ini cukup efektif untuk melatih anak-anak memperbanyak kosa katanya. Sepertinya memang sangat mudah dan sepele, namun hal ini dipercaya mampu merangsang kinerja otak sehingga memudahkan anak dalam belajar membaca.

5. Belajar di luar ruang atau alam terbuka

Metode belajar memang sangat banyak, salah satunya adalah mengajak anak belajar di luar ruang. Karena belajar tidak melulu harus berada di dalam sebuah ruangan dengan kursi dan meja. Belajar di alam terbuka sangat bagus untuk anak. Disamping bisa mendekatkan anak pada alam , bisa dengan mengajari anak tk belajar membaca. Cara ini cukup efektif dan ampuh melatih daya ingat anak sehingga anak dapat belajar membaca dengan cepat.

You May Also Like