Tanda-tanda Terlambat Bicara

Tanda-tanda Terlambat Bicara

Pada usia 2 tahun, anak cenderung akan lebih cerewet dibandingkan sebelumnya. Tapi lantas bagaimana jika anak anda masih saja pendiam pada usia satu ini? Apakah ini menjadi salah satu ciri kalau anak anda terlambat bicara? Untuk menanganinya tentu dibutuhkan analisa yang matang.

Diam tidak selalu menjadi ciri kalau anak anda terlambat bicara. Agar anda tidak kebingungan, berikut ini ada beberapa tanda khusus yang bisa dilihat dari anak anda jika mereka memang terlambat dalam proses bicara mereka.

Si Kecil Sangat Jarang Mengeluarkan Suara

Tanda pertama yang harus dikhawatirkan adalah pada saat anak anda sangat jarang mengeluarkan suara. Terutama ini terjadi pada usia 1 tahun 6 bulan hingga 2 tahun. Mereka juga akan cenderung tidak dapat mengidentifikasi benda benda di sekeliling mereka. Biasanya benda-benda yang menarik akan mampu membuat mereka antusias.

Hal ini biasanya dipicu oleh jarangnya anda memberikan stimulus terhadap anak anda sehingga mereka kurang aktif dan tidak paham terhadap benda-benda yang mereka lihat. Jika hal ini terjadi, anda bisa memulai memberikan mereka pembelajaran dengan menggunakan edia seperti benda benda atau gambar.

Anak Tidak Bisa Memahami Arti dari Gerak Tangan Anda

Tanda selanjutnya yang bisa anda lihat adalah jika bayi tidak bisa memahami gestur yang anda buat. Bagaimanapun juga, bayi pada usia 1 hingga 2 tahun sudah bisa memahami apa yang anda larang dan apa yang anda bolehkan dari gestur tangan anda. Jika hal ini terjadi, anda harus lebih sering berbicara secara langsung terhadap si kecil.

Buatlah komunikasi yang lebih intens dan pastikan kalau anda memperkenalkan banyak hal baru kepadanya. Mulailah dengan anggota badan yang ada di muka seperti misalnya mata, hidung, telinga, pipi, dan lain-lain. Setelahnya anda bisa beranjak ke bagian tangan.

Anak Anda Hanya Mengenal Sedikit Kosakata Konsonan

Pada usia 1 tahun ke atas, biasanya balita akan cenderung mulai megucapkan kata-kata dengan awalan konsonan seperti misalnya B, M, N, P, D, dan lain-lain. Jika kemudian anak anda kurang memahami kata kata konsonan ini, mungkin anda harus sedikit khawatir karena ini menjadi salah satu tanda kalau anak anda terlambat bicara. 

Tidak Bisa Mengikuti Apa yang Kita Ucapkan

Seperti sudah anda ketahui, bayi adalah “si peniru” yang sangat ahli. Terlebih pada kata kata, pastikan anak anda bisa meniru apa yang anda katakan pada saat usianya mendekati 2 tahun. Tidak perlu persis, asalkan apa yang dia katakan bisa mendekati apa yang anda katakan. Jika kemudian anak anda kurang memahami hal ini, anda perlu sedikit waspada. Konsultasikan dengan dokter ahli untuk mengetahui penyebabnya secara detail.

Mungkin itu saja yang bisa kami paparkan pada kesempatan kali ini. Perhatikan tumbuh kembang anak dengan baik agar prosesnya berjalan dengan lancar. Selalu sisihkan waktu berkualitas agar kedekatan dengan anak bisa terjalin. Salah satu faktor yang memicu anak bisa lancar berbicara adalah kedekatan mereka dengan orang tuanya.