Perkembangan Bahasa Anak Usia 0-2 Tahun

Mengamati perkembangan si kecil tentunya menjadi salah satu hal yang begitu membahagiakan bagi orang tua. Terlebih saat mereka mulai belajar berbicara dan mulai memberikan tanggapan atas apapun yang terjadi di sekelilingnya. Bahkan tak sedikit orang tua yang mengabadikan perkembangan anak-anaknya tersebut melalui video recording.

Perlu anda tahu, ada beberapa fase yang akan dilewati oleh anak anda pada saat mereka memasuki masa bicara. Hal ini terutama terjadi pada usia 0 hingga 2 tahun. Untuk lebih jelasnya silakan lihat paparan di bawah ini.

Perkembangan Bicara pada Bayi Usia 0-4 Bulan

Pada usia ini, biasanya bayi akan terus menjadi seorang pendengar. Dia mulai mengenal mana yang menjadi orang-orang terdekatnya. Karena itu pada usia bayi 0-2 minggu, sebagai orang tua anda harus memberikan banyak perhatian secara intensif. Pada usia inilah bayi akan mulai mengenal anda sebagai orang tuanya.

Mereka biasanya berkomunikasi dengan cara menangis karena kata kata yang mereka bisa ucapkan baru berupa suara sederhana misalnya “oohs” atau “aahs”. Pada usia 2 hingga 8 minggu mereka akan mulai berkomunikasi dengan suara pendek yang disambungkan seperti misalnya “ma” berulang atau “na” berulang.

Perkembangan Bicara pada Bayi Usia 4-6 Bulan

Pada usia 4-6 bulan, bayi akan cenderung  mengoceh dan mulai menggunakan bagian belakang lidah mereka sehingga mereka bisa engucapkan “g” dan “K”. Mereka juga akan mulai menggunakan suara bibir yang berawalan “M”, “P”, “W”, atau “B”. Bayi juga akan lebih sering mengucapkan kata kata yang biasa ia dengar seperti misalnya “Ibu”, “Mama”, “Ayah” dan lain-lain. Di usia 4 hingga 6 bulan ini bayi juga sudah mulai mengenal kata mudah seperti misalnya “dadah”.

Perkembangan Bicara pada Bayi Usia 7-12 Bulan

Pada fase ini bayi cenderung lebih mengenal bahasa tubuh dan mengetahui apa yang diperbolahkan dan mana yang dilarang oleh orang tuanya. Ia juga akan mulai memperlihatkan gerakan gerakan khusus untuk memperlihatkan apa yang mereka inginkan. Mendekati satu tahun, dia akan mulai mengenal beberapa kata sederhana yang sering dikenalkan oleh orang tuanya seperti misalnya “Gukguk” untuk anjing, “meong” untuk kucing, “cucu” untuk susu, dan lain lain.

Perkembangan Bicara Pada Bayi Usia 13-18 Bulan

Pada usia ini bayi akan mengalami penambahan kosakata dengan cepat. Mereka akan mulai mengucapkan setiap benda yang mereka sudah ketahui setiap melihatnya. Para pakar menekankan agar anda tidak terlalu sering mengucapkan kata-kata kasar atau jorok pada saat bayi berada pada fase ini karena memori mereka begitu kuat untuk menerimanya.

Perkembangan Bicara pada Bayi Usia 19 Bulan – 2 Tahun

Bayi mengalami perubahan yang signifikan dalam kemampuan bicara mereka pada usia 19 hingga 24 bulan. Para pakar berpendapat kalau bayi bisa menghafal hingga 9 kata per hari. Mereka juga sudah bisa merangkai kalimat-kalimat pendek. Dia juga akan mudah marah ketika kita tidak mampu memahami apa yang mereka ucapkan.

Itulah beberapa fase perkembangan anak pada usia 0 hingga 2 tahun. Pantau terus perkembangan anak anda dengan teliti agar anda bisa melihat bagaimana progres mereka dalam memahami bahasa yang anda ajarkan.