Perilaku Agresif Si Kecil

Si kecil cenderung menunjukan sifat agresif mereka pada usia dua tahun, akan tiba saatnya mereka begitu menunjukan sifat agresif mereka tidak secara verbal melainkan dengan cara menggigit, memukul dan menendang.

Beberapa Factor Yang Membuat Si Kecil Menjadi Agresif

Tidak ada dua orang anak yang persis sama dalam pertumbuhanya, tetapi ada kesamaan di mana anak laki-laki akan lebih cepat menunjukan sifat agresif mereka di bandingkan dengan anak perempuan.

Bertambahnya umur juga sebagai salah satu factor yang harus di pertimbangkan para bunda untuk mempersiapkan diri menghadapi agresifnya si kecil.

Pada saat bayi perilaku agresif seperti menjerit dan menangis dilakukan lebih bersifat defensive karena ingin mencari perhatian.

Mencegah Ledakan Sifat Agresif Si Kecil

Anak anak di usia balita belum memiliki kemampuan untuk menyampaikan keinginan mereka dan memahami cara menjelaskan kondisi mereka, apa yang mereka inginkan atau situasi yang membuat mereka merasa tidak nyaman.

Naha bunda untuk mencegah ledakan yang bisa saja terjadi pada si kecil makan bunda pastikan bahwa mereka tidak kekurangan apapun dan merasa nyaman. Pastikan bunda selalu berada di dekat si kecil.

Sayangnya tidak semua orang tua memahami kondisi psikologis si kecilk terutama yang berumur di bawah dua tahun. Bahkan ada beberapa orang tua memilih untuk mengabaikan perilaku si kecil.  Berikut beberapa tips untuk mengurangi ledakan sifat agresif si kecil di masa pertumbuhanya.

  1. Tunjukanlah kasih sayang dengan selalu berada di dekatnya
  2. Sering-seringlah mengajak bicara si kecil meledak dan menjadi agresif biasanya di sebabkan karena meraka tidak merasa mendapatkan perhatian yang cukup. Anak yang tidak mendapatkan perhatian yang cukup akan menjadi agresif untuk mengekspresikan dirinya
  3. Salurkan energy yang dimiliki si kecil dengan mengajaknya bermain seperti menendang bola maupun permainan menyenangkan yang akan membuat si kecil merasa senang.

Semoga Artikel singkat ini bermanfaat bagi para bunda yang memilki anak dalam masa pertumbuhan dan memiliki masalah dengan keagresifan si kecil.

You May Also Like